Mengenal Apa itu On-Page SEO : Optimalkan Situs Web dan konten untuk mesin pencari
Hi Sobat, Faktor On-Page SEO menentukan apakah situs Anda dioptimalkan atau tidak untuk mesin pencari dari situs web itu sendiri.
Tujuan optimasi dan mengenal On-Page SEO untuk membuat mesin pencari tahu bahwa situs Anda relevan / sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna. Dan benar-benar yang memiliki kualitas yang terbaik dari yang terbaik hehe.
Oleh karena itu, Dua Hal Utama yang harus diperhatikan : Relevan, Kualitas.
Tanpa itu tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat pertama di mesin pencari.
Pada artikel ini sobat, kita akan melihat bagian mana dari website Anda harus menerapkan optimasi on-halaman dan bagaimana melakukan optimasi.
Mengenal Konsep On-Page SEO
Dalam SEO, konsep on-page SEO adalah hal utama yang perlu Anda pahami.
Ada lagi optimasi selain on-page SEO (off-page SEO), tetapi tanpa menerapkan on-page SEO membuat mustahil atau buang-buang waktu untuk strategi yang lain.
Inti dari mengenal on-page SEO sederhana sobat…
… Anda akan mengoptimalkan situs sehingga:
- Sangat bermanfaat bagi pengunjung
- Untuk memudahkan pengunjung dalam eksplorasi situs
- Pengunjung merasa nyaman di dalamnya
- Search engine memahami struktur dari situs Anda
“Saya hanya mengoptimalkan untuk mesin pencari, mengapa berfokus pada pengunjung? “
Jawabannya apa sobat…
Mesin pencari dapat mengetahui apakah pengunjung puas atau tidak dengan halaman yang mereka kunjungi.
Bayangkan jika Anda mencari sesuatu di Google, kemudian pergi ke sebuah situs web. Ternyata ini tidak memuaskan. Kemungkinan besar setelah beberapa detik Anda klik tombol kembali untuk mencari situs lain. Benar?
Karena Google ingin menampilkan situs yang memenuhi pengguna, situs Anda harus memuaskan pengunjung.
Berikut caranya:
Komponen Halaman Situs Mesti Optimal
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna situs. Kita akan membahas satu per satu dari masing-masing kategori berikut:
- Isi Konten
- Kata kunci/Keyword
- Judul
- URL/Tautan
- Meta description
- Media Gambar Foto
- Link keluar situs/Outbound link
- Link Kedalam situs itu sendiri/Internal link
- Berbagi ke sosial media
- Kecepatan website (banyak faktor ya disini sobat)
1. Isi dengan kualitas terbaik
Jika Anda perhatikan, konten adalah elemen utama dalam halaman. Dengan kata lain, konten adalah peran terbesar dalam mengoptimalkan on-page SEO.
Tidak akan bisa mendapatkan peringkat 1 halaman pencarian google dsb. tanpa kualitas konten yang ciamik ya sobat.
… ok sekarang, apa itu kualitas konten?
fitur apa saja:
- Memberikan manfaat maksimal bagi pengunjung
- Lebih berkualitas daripada konten serupa lainnya
- Dibaca dengan durasi panjang oleh pengunjung
- Menimbulkan perasaan (takut, menyenangkan, senang, dll)
- Memecahkan masalah pengunjung
Itu lima kriteria kualitas konten yang sangat penting dalam mengenal apa itu On-Page SEO
Jika Anda ingin mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari dalam waktu yang lama, konten Anda harus memenuhi lima hal.
Tanpa kecuali.
Tahu bahwa Google telah secara terbuka menyatakan bahwa mereka menentang konten:
- Ramping (tipis), dengan kata lain tidak berkualitas
- Tidak menambah nilai bagi pembaca
- Tidak asli/authentic
- Membuat pembaca frustrasi (karena kualitas rendah)
Jika konten Anda ke dalam kategori di atas, maka akan sangat sulit untuk mendapatkan peringkat di mesin pencarian.
Lebih buruk lagi, konten seperti itu berisiko penalti loh sobat!
Google dan mesin pencari lainnya sangat aktif memperbaharui algoritma-nya. Di masa depan, mereka akan memahami kualitas sebuah konten.
Jadi, berhati-hati dalam menerbitkan konten untuk website Anda.
Oya sudah lihat artikel tentang apa itu SEO, klik disini saja ya sob.
2. Kata kunci populer dan tertarget tepat sasaran
Pikirkan tentang terakhir kali Anda menggunakan Google … menulis beberapa kata kunci .
Google kemudian menampilkan hasilnya dengan kata yang relatif atau berkaitan kan sobat.
Semakin relevan kata kunci, semakin tinggi peringkat.
Jadi, mengoptimalkan halaman berarti sobat harus menggunakan optimasi kata kunci.
Setiap halaman situs Anda harus dioptimalkan untuk setidaknya satu kata kunci.
Bagaimana?
Yaitu dengan memasukkan kata kunci pada halaman Anda.
Tepatnya di konten, dalam judul dan URL.
Dengan demikian, mesin pencari dan pengunjung akan segera memahami bahwa isi dari halaman web Anda.
Satu hal lagi sobat…
Anda harus memahami bahwa maksud di balik kata kunci.
Sebagai contoh, seseorang mencari di Google dengan kata kunci “beli iphone”.
Apa artinya?
Apakah dia ingin membeli sebuah iPhone atau dia ingin membaca sebuah artikel tentang cara untuk membeli iPhone? Hmm … tampaknya bahwa yang pertama yaitu membeli lebih masuk akal. Itulah gunanya On-Page SEO, mengotimal kan dan mengenal apa itu on-page SEO
Google juga pasti paham kan dengan kasus ini.
Jadi, Google menampilkan halaman yang menjual iPhone.
Oleh karena itu tidak mungkin untuk mendapatkan peringkat tinggi jika Anda memberikan artikel tentang cara untuk membeli iPhone.
3. Judul halaman yang menarik untuk diklik
Cara terbaik untuk mengoptimalkan judul adalah untuk memasukkan kata kunci yang dicari.
Misalnya, kata kunci “belajar SEO”, judul berisi kata “belajar SEO”.
Tapi ini saja tidak cukup … on-page seo harus dioptimalkan ya guys.
… yang paling penting dalam judul bukan optimasi kata kunci, tetapi optimalisasi ketertarikan pengujung atau pembaca.
Jika judul yang Anda buat mampu menarik sejumlah besar pengunjung, peringkat situs anda akan meningkat.
Secara logika ini:
Misalkan ada dua situs yang bersaing, peringkat 1 dan 2.
Peringkat 2 mendapat penilaian pengunjung lebih lebih banyak dari peringat 1 … karena cara dia membuat judul konten lebih menarik untuk di-klik.
Google ingin memberikan prioritas untuk hasil terbaik, maka situs peringkat 2 akan diangkat ke peringkat pertama.
Artinya?
Karena judul merupakan elemen pertama dari halaman yang paling dibaca di hasil pencarian, dan kemudian mengoptimalkan judul maka jumlah klik dapat ditingkatkan.
4. URL/Link yang singkat padat dan dapat dipahami
Meskipun efeknya tidak besar, namun URL mengandung kata kunci yang dapat mempengaruhi website Anda untuk mendapatkan peringkat di hasil pencarian.
Sebuah contoh dari URL yang tidak baik. Hindari menggunakan URL seperti ini.
namawebsite.com/?p=94
URL yang baik harus relevan dengan konten pada halaman ini.
Sebagai contoh:
Halaman ‘resep kue’> domain.com/resep-kue/
Produk “asus ROG”> domain.com/laptop/asus-rog/
Saran nya adalah membuat URL atau link yang menggambarkan konten, akan lebih baik jika mengandung kata kunci.
5. Meta deskripsi yang baik dan menarik untuk diklik
Meta description adalah beberapa kalimat yang muncul dalam hasil pencarian:

Meta description tidak mempengaruhi peringkat halaman Anda.
Selain itu, tampaknya tidak selalu dalam hasil pencarian. Karena Google sekarang sering menggunakan kalimat yang paling umum digunakan dalam isi dari halaman deskripsi.
Namun, tidak ada salahnya bagian ini dioptimalkan.
(Dan tentu saja, tidak butuh waktu lama)
Dengan meta deskripsi yang menarik, maka kemungkinan orang lain untuk mengunjungi website Anda akan lebih tinggi.
Sebagai logika gini sobat, semakin banyak klik dari orang/pengunjung berarti = peringkat situs yang lebih baik.
6. Gambar atau Foto yang berkualitas dengan ukuran yang optimal
Bayangkan sebuah halaman web yang 100% konten teks pasti sangat membosankan ya sobat. Oleh karena itu, gambar dan / atau video adalah nilai plus atau poin tambahan.
Anehnya, banyak dari mereka berpikir gambar/foto untuk merugikan lah atau menjadikan size website besar dll…
… yang tepat.
Tidak ada masalah dengan penggunaan multimedia dalam konten.
Kecuali, jika jumlahnya sangat banyak sehingga membuat website menjadi lambat karena loading website pertama kali sangat lama dan berat di pengunjung Anda. Atau jika tidak ada hubungan dengan konten atau tema judul konten.
Beberapa tips menggunakan foto/gambar :
- Gunakan gambar yang berhubungan dengan kata kunci dan menjelaskan isi konten
- Gunakan jenis ekstensi yang tepat sehingga ukuran file tidak membengkak (jangan file raw hasil fotographer ya sobat) wkwkkw
- Pastikan bahwa resolusi gambar yang ditampilkan sangat baik
- Kompres gambar untuk optimum supaya loading cepat
- Menambahkan atribut alt gambar ketika pengaturan
7. Referensi untuk link ke situs lain
Hal ini sangat penting, terutama untuk situs-situs baru.
Google, sebagai pusat informasi yang ingin memberikan konten yang handal. Agar informasi tidak banyak orang yang keliru.
Itu sebabnya situs besar lebih mudah masuk ke halaman pertama …
… karena reputasi lama.
Nah, karena situs Anda masih baru, Google berpikir itu tidak bisa dipercaya. Karena mereka tidak percaya akan lebih sulit untuk mendapatkan peringkat dari situs anda.
Karena itu lah link referensi dapat membantu.
Link ke situs lain yang mempunyai reputasi yang bagus dan akan melakukan reputasi yang lebih baik dari konten Anda .
Analoginya adalah seperti ini:
Mencoba mengambil sebuah buku non-fiksi.
Dalam buku tersebut harus ada bibliografi atau catatan. Itu berisi informasi kutipan dari sumber lain.
Buku tanpa mengutip sumber-sumber lain akan dianggap tidak dapat diandalkan.
8. Link ke posting atau halaman sendiri
Ada namanya Bounce yang akan kita pelajari.
Bounce berarti bahwa ketika seseorang pergi ke situs web Anda, kemudian ia keluar dan tidak melakukan apa-apa.
Jika tingkat bouncing dari situs Anda tinggi, bisa jadi karena:
- Kualitas konten nya mengecewakan
- Sulit untuk ke menu lain/navigasi situs anda
Ingat sobat, yang mengecewakan pengunjung situs tidak akan bisa mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.
bounce rate/tingkat seseorang pergi dari situs bisa menjadi faktor yang menunjukkan kepuasan pengunjung.
Upaya untuk mengurangi bouncing rate adalah untuk menginstal internal link (link antara halaman), sehingga pengunjung dapat dengan mudah mengunjungi halaman lain di situs Anda.
9. Bisa dibagikan ke sosial media digital favorit
Saat ini, Google tidak mempertimbangkan jumlah share/berbagi sebagai faktor penentu dalam peringkat dari Google, tetapi tidak berarti bahwa berbagi sosial tidak penting.
Justru sebaliknya.
share memiliki dampak langsung pada peringkat situs. Klo faltor ini mungkin bisa masuk ke seo-off page, tetapi optimasi tombol share itu sendiri adalah salah satu tehnik on-page SEO.
Manfaat dari share sosial media:
- Tambhan pengunjung pastinya ya sobat
- Branding, situs Anda akan dikenal
- Meningkatnya faktor kepuasan tinggi (jika Anda dapat memuaskan pengunjung situs yang datang)
- Beberapa pengunjung akan memberikan backlink
Dibandingkan On-Page SEO, media sosial akan membangun dan mengenal branding lebih cepat untuk situs web Anda.
Ini adalah apa yang mempengaruhi SEO.
Ketika situs Anda sudah diketahui, maka orang akan menemukan situs Anda melalui Google …
… karena banyak yang mencari Google, yang berarti bahwa reputasi website Anda akan dianggap baik oleh Google.
10. Kecepatan loading respon situs yang baik
Situs lebih cepat akan mendapatkan peringkat yang lebih baik. Ini faktor penting yang sering diabaikan ketika optimasi On-Page SEO.
Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Billy Hoffman MOZ, tampaknya bahwa website yang di baris depan memiliki waktu respon yang lebih pendek.
Peningkatan kecepatan tidak hanya untuk mesin pencari. Pengunjung juga akan lebih nyaman dalam membuka situs yang lebih singkat waktunya.
Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan:
- kualitas hosting situs yang digunakan
- Jumlah file javascript dan CSS yang digunakan
- Ukuran halaman yang terlalu besar sehingga mengganggu pengunjung
Perlu diingat: keberadaan gambar dan video tidak akan mengurangi kecepatan situs. Kecuali jumlahnya berlebihan dan tidak perlu.
Anda dapat menguji kecepatan situs Anda melalui Google Page Speed Test. Segera perbaikan jika nilai kurang dari 75.
Semoga bermanfaat artikel mengenal apa itu On-Page SEO nya yah sobat.
Komentar Terbaru